Ilmu HRD

Blog berbagi ilmu untuk praktisi HR

Breaking

Cari di Blog Ini

4 Manfaat SIPP Online Untuk Perusahaan

Bintuni, 18-02-2020. Sebuah perusahaan yang baik harus memliki scope hak & kewajiban yang jelas bagi setiap karyawannya baik itu perihal gaji, tunjangan dan sebagainya, perusahaan juga wajib memastikan seluruh karyawannya dilindungi oleh proteksi kesehatan dan keselamatan kerja terutama bagi pekerja lapangan.

Saat ini tentu sudah banyak cara tersedia untuk melakukan hal tersebut, misalnya saja melalui jasa konsultan swasta atau perusahaan plat merah pun juga siap melayani. Namun kali ini mari membahas salah satu perusahaan plat merah yang menyediakan layanan tersebut yaitu BPJS Ketenagakerjaan,

SIPP atau Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan merupakan salah satu pengembangan dari sistem BPJS yang terdahulu, pada dasarnya SIPP adalah platform yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk setiap perusahaan dalam mengelola segala keperluan karyawannya sehingga apapun nanti yang merujuk kepada hak & kewajiban baik perusahaan atau karyawan menjadi jelas.

Ilustrasi Lingkungan Bekerja di Dalam Kantor
Kesadaran akan hal tersebut perlu dibangun supaya menghasilkan sebuah tata kelola informasi yang jelas sehingga dapat mengurangi celah-celah kecurangan di dalam prosesnya, pemerintah juga harus terus mendorong perusahaan untuk menggunakan SIPP tersebut terlebih hanya membutuhkan koneksi internet untuk dapat mengakses platform tersebut. Selain itu, dengan adanya kehadiran SIPP secara langsung membantu divisi HRD (Human Resource Development) di setiap perusahaan dalam melakukan pengarsipan data-data karyawan yang tentu akan berguna misal dalam perihal penggajian dan pemberian bonus tahunan.

Berikut ini 4 manfaat apabila sebuah perusahaan menggunakan SIPP, sebagai berikut:

1. Informasi Menjadi Aman Karena Disimpan Oleh BPJS Ketenagakerjaan

Menggunakan SIPP secara tidak langsung telah melakukan backup informasi penting karyawan, backup sebenarnya dibutuhkan bagi setiap perusahaan terutama yang menyimpan data-data penting untuk menghindari kehilangan data akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

Keamanan data memang kini menjadi isu penting apabila berbicara mengenai transaksi online, SIPP pun telah mencegah dan memperkecil kemungkinan kebocoran data dengan menggunakan beberapa teknologi pengamanan terkini seperti OTP (one-time pin), auto logout setelah lima menit tidak ada aktivitas, hingga penggunaan teknologi SSL (secure socket layer) yang berfungsi mengubah data transaksi antara user dan website menjadi kumpulan kode yang terenkripsi.

2. Dapat Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja

SIPP online merupakan pembaharuan dari SIPP offline versi desktop, hal ini patut diapresiasi mengingat kini perubahan zaman yang serba digital menuntut kita untuk berbuat lebih cepat dan dinamis. Dengan adanya SIPP online, maka divisi HRD yang memiliki kontak langsung dengan SIPP dapat melakukan perubahan data kapan saja dan di mana saja, sehingga jarak dan waktu bukan menjadi alasan untuk bekerja lelet.

3, Terciptanya Integrasi Data yang Baik

Dengan menggunakan sistem SIPP online ini, proses integrasi data antara pihak perusahaan dengan BPJS sangat dimungkinkan, proses ini sangat dibutuhkan mengingat karyawan/pekerja dan perusahaan wajib dimonitor oleh negara yang tentunya di bawah hukum yang berlaku.

SIPP online juga berguna saat terjadi ketidakcocokan data menurut karyawan dan perusahaan, permasalahan tersebut dapat diperiksa kebenarannya dengan mengakses SIPP online, maka informasi yang diperdebatkan dapat diverifikasi dengan benar.


4. Meminimalisir Terjadinya Fraud

Sistem online terkenal akan manfaatnya dalam mengurangi tindakan kecurangan, maka hal itu juga yang ditawarkan oleh SIPP online. Misalnya saja saat perusahaan berkewajiban untuk membayar kewajiban untuk karyawan akan melalui SIPP online, sehingga jelas kemana uang dikirim serta pada tanggal berapa dan pukul berapa.

Dengan demikian, seluruh proses administrasi karyawan yang selama ini dilakukan di perusahaan dapat berlangsung lebih cepat dan semakin transparan dengan adanya SIPP online.

Itulah berbagai manfaat dari penggunaan SIPP Online, Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Omnibus Law Ketenagakerjaan dan Urgensinya

Bogor, 31-01-2020. Sudah lebih sekitar tiga bulan terakhir ini, kita sering kali mendengar istilah "Omnibus Law" bahkan hingga sa...