Ilmu HRD

Blog berbagi ilmu bagi para profesional HRD

Breaking

Cari di Blog Ini

TIPS : Perhatikan hal ini sebelum resign dan pindah ke tempat kerja baru

Bintuni, 10-02-2020. Generasi milenial identik dengan generasi produktif sekaligus konsumtif, Seiring dengan mudahnya mengakses berbagai macam informasi karena semakin canggihnya teknologi. Tak terkecuali untuk urusan pekerjaan. Generasi milenial juga kerap disebut sebagai generasi "kutu loncat" dalam meniti karier. Hal ini tidak lain disebabkan karena kemajuan teknologi. Bagaimana tidak, dengan smartphone di genggaman, setiap orang bisa mengetahui apa saja yang ada di dunia. Mulai dari tempat wisata, gaya hidup, pendidikan, hingga lowongan pekerjaan, dan sebagainya. Nah jika anda termasuk generasi milenial ataupun bukan generasi melenial namun ingin berpindah tempat kerja, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal agar anda tidak kecewa pada saat bekerja di tempat yang baru nanti.

Sumber : kompasiana.com



Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan tips dalam memilih tempat kerja. Dikutip dari halaman www.manajemensdm.net, berikut 3 hal penting yang perlu kita cek dahulu sebelum terburu buru menandatangani offering letter dari calon tempat kerja yang baru.

Agar mudah diingat, formula ini kita sebut sebagai Formula 3C.

1. CHALLENGE

Hal pertama yang perlu di cek adalah Challenge di Perusahaan baru tersebut.
Pastikan untuk menanyakan secara detail tentang challange apa saja yang akan ditemui jika nanti bergabung.

Selain itu, tanyakan pula harapan dari perusahaan / manajemen terkait kehadiran kita sebagai karyawan baru.

Dari informasi yang didapatkan, kita bisa mengolahnya dan menjadi pondasi kedepannya.
Bisa juga digunakan untuk mengukur diri kita, apakah kita mampu atau tidak menghadapi challenge itu. Gunanya agar bisa menyiapkan diri semaksimal mungkin, sehingga tidak mengecewakan user ketika sudah bergabung.

Anda bisa menanyakan beberapa hal seperti contoh dibawah ini :

Apa saja tantangan di posisi ini?
Kendala yang biasanya muncul?
Apa yang perusahaan harapkan dari posisi saya?
Lowongan ini sebagai replacement karyawan atau posisi baru?

2. COMPENSATION & BENEFIT

Hal lain perlu dipastikan adalah perihal Comben / Compensation & Benefit. Jangan ragu untuk menanyakan hal ini, meski kadang dianggap tabu jika ditanyakan di awal. Namun menurut saya, penting untuk ditanyakan agar tidak ada kesalahpahaman. Tentu menanyakannya dengan cara yang baik dan tidak terkesan hanya cari uang semata.

Comben ini bukan hanya tentang uang saja, namun hal lain yang bisa menjadi benefit. Comben yang perlu ditanyakan diantaranya :

  • Gaji pokok (nett/gross)
  • Tunjangan, misal kesehatan, olahraga, dll
  • Fasilitas lainnya, misal makan, dll
  • Benefit lainnya, misalkan mess, lingkungan kerja, dll


3. CAREER PATH

Selanjutnya, pastikan juga bertanya tentang career path / jenjang karir di Perusahaan untuk posisi dan diri anda.

Selaraskan dengan target pribadi. Sehingga dalam bekerja nantinya, ada target target seru yang akan dicapai. Yang perlu diperhatikan, hati hati dalam menyampaikan ambisi karir anda. Pastikan ambisi karir dan potensi diri anda sejalan / selaras dengan career path yang ada.

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Omnibus Law Ketenagakerjaan dan Urgensinya

Bogor, 31-01-2020. Sudah lebih sekitar tiga bulan terakhir ini, kita sering kali mendengar istilah "Omnibus Law" bahkan hingga sa...