Ilmu HRD

Blog berbagi ilmu bagi para profesional HRD

Breaking

Cari di Blog Ini

Penggunaan Aplikasi Absensi dalam Startup, Apakah Perlu?

 


Perusahaan rintisan atau startup menjadi primadona bagi banyak anak muda. Startup dinilai menawarkan sistem kerja yang fleksibel, santai tapi serius, dan lingkungan yang menyenangkan. Ada banyak jenis startup berdasarkan industrinya, mulai dari e-commerce, edutech, jual beli saham, dan lain-lain. Pada prakteknya, startup sering memanfaatkan banyak produk teknologi. Salah satunya adalah aplikasi absensi. Namun, apakah benar jika perusahaan startup pasti membutuhkan aplikasi absensi?

 

Sekilas Mengenai Aplikasi Absensi

aplikasi absensi adalah sebuah sistem yang memfasilitasi karyawan untuk mencatatkan kehadiran secara online. Data kehadiran yang masuk ke dalam sistem dapat dilihat secara real time oleh HRD. kemudian, aplikasi absensi juga terintegrasi dengan sistem payroll. Setiap tanggal penggajian tiba, HRD tidak perlu memasukkan data kehadiran ke sistem penggajian secara manual.

Karena data kehadiran yang masuk ke sistem berjalan real time, keamanan dan kerahasiaannya pun tak perlu diragukan. Cara ini dapat meminimalisir kecurangan karyawan untuk data kehadiran. Karena data kehadiran yang tersimpan masuk dalam sistem terpusat, maka Aplikasi Absensi untuk karyawan dapat memudahkan HRD dalam rekapitulasi data kehadiran. Rekapitulasi ini sangat berguna untuk pengambilan keputusan dan evaluasi kinerja karyawan.


Alasan Startup Perlu Menggunakan aplikasi absensi

Startup adalah perusahaan yang baru saja merintis dan tentunya memiliki banyak tantangan, baik internal dan eksternal. Salah satu tantangan internal startup adalah dari sisi pengelolaan karyawan. Apa saja alasan untuk menggunakan aplikasi online bagi startup?


Fleksibel

Karena berjalan secara online, karyawan dapat mencatatkan kehadiran mereka dimana saja dan kapan saja. Tentu ini akan mendukung sistem remote working yang sering ditetapkan oleh startup. HRD juga dapat memantau data kehadiran yang masuk dari rumah ketika sedang remote working.


Aman

Informasi dan data karyawan bersifat konfidensial dan harus dijaga kerahasiaannya. Sebab, informasi yang jatuh ke tangan yang salah akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Data kehadiran yang masuk kedalam sistem dijaga dengan baik dan aman.  Keamanan ini didukung oleh cloud server yang hanya mampu diakses oleh pihak tertentu seperti HRD, manajer, dan pemilik perusahaan.


Mempercepat Penggajian

Bagaimana bisa aplikasi absensi dapat mempermudah penggajian? Hal ini bisa diwujudkan dengan integrasi dengan sistem payroll. HRD tidak perlu entry data manual yang memakan waktu lama. Dengan begitu, proses penggajian dapat dilakukan secara cepat dan akurat.

 

Meningkatkan Kebanggaan Karyawan

Karyawan umumnya akan merasa bangga jika perusahaan tempatnya bekerja menggunakan produk canggih. Jika startup menggunakan aplikasi absensi, hal ini akan memudahkan karyawan mencatatkan kehadiran serta meningkatkan kebanggaan atas perusahaan tempatnya bekerja. Kebanggaan ini secara tidak langsung akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas. 

Citra startup yang canggih harus diikuti dengan cara pengelolaan karyawan. Itulah dapat disimpulkan jika startup perlu menggunakan aplikasi absensi. Jika perusahan sudah mampu mengelola karyawan dengan baik, maka perusahaan dapat mengembangkan operasional lebih luas. LinovHR menawarkan aplikasi absensi yang dapat membantu perusahaan mengelola kehadiran dengan optimal. HRD dapat memantau, mengolah, dan menyimpan data kehadiran dengan mudah dan aman. Hubungi LinovHR untuk mendapatkan demo gratis sekarang juga!

No comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Omnibus Law Ketenagakerjaan dan Urgensinya

Bogor, 31-01-2020. Sudah lebih sekitar tiga bulan terakhir ini, kita sering kali mendengar istilah "Omnibus Law" bahkan hingga sa...